Minggu, 07 November 2010

Khasiat Sarapan Pagi

Hello-Hello ... !! Baru datang udah kayak SHINee aja nih , hehehee .Udah pada sarapan pagi belum ? Biasanya nih kalo seusia kita jarang banget ama yang namanya sarapan pagi. Gimana mau sarapan, berangkat sekolah jam tujuh pagi mulu ! Yang udah mahasiswa aja kadang berangkatnya jam tujuh pagi. ( emang ya , mau sekolah mau kuliah tetep aja ngebantuin satpan buka gerbang , berangkat jam tujuh mulu ) :D

Tapi guys , buat kamu yang jarang bahkan nggak pernah sarapan pagi , mulai sekarang biasakan deh sarapan pagi. Karena sarapan itu penting banget , apalagi untuk sesusia kita butuh banget ama yang namanya sarapan. Kadang mungkin dari kalian kalo sarapan pagi suka males atau takut sakit perut pas di sekolah / kampus nanti. Efek itu nggak akan terjadi selama kita sarapan dengan makanan yang sehat dan bergizi. Nggak mungkin juga kan orang tua kita ngasih sarapan kita nasi ama sambel ? Atau makanan yang berat-berat kayak opor ayam , semur jengkol , ( yang terakhir favorite gue tuh ) :D


Di bawah ini nih , ada beberapa manfaat sarapan yang ternyata sangat banyak. Yuk kita lihat satu-satu ...

1. Memberi Kita Kekuatan ( Power ranger kale ! )
Setelah 12 jam pada malam hari kita nggak mengkonsumsi makanan maka zat gula dalam tubuh kita turun ke tingkat yang paling rendah. Tentu ini bisa berdampak buruk bagi tubuh kita. Jika zat gula kita rendah bisa dipastikan kemungkinan yang paling sering terjadi adalah lemas. Jadi dengan sarapan kita bisa mengganti glycogen yang tadinya disimpan dalam otot dan liver yang dilepaskan pada malam hari.

2. Bikin Langsing ( cewek wajib baca nih )
Asumsi yang mengatakan bahwa kalau pengen berat badan turun alias pengen langsing , nggak usah sarapan pagi , itu SALAH BESAR. Dari hasil penelitian , justru kalau kita menginginkan berat badan kita turun dianjurkan untuk sarapan pagi. Sebuah laporan yang dibuat di  HarvardMen’s Health Watch edisi Februari menyatakan bahwa akibat tidak sarapan berkaitan dengan peningkatan risiko obesitas sebesar empat kali lipat. Wow !! Membiarkan perut kita kelaparan gara-gara nggak sarapan membuat metabolisme dalam tubuh kita menurun. Dengan sarapan pagi akan meningkatkan energi dan pembakaran lemak dalam tubuh kita. Dan tentunya sarapan dengan makanan yang sehat.


3. Menambah Nutrisi dan Energi Dalam Tubuh
Sarapan ( dengan makanan bergizi ) tentu saja akan memberikan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan otak dan energi yang dibutuhkan tubuh. Dengan sarapan pagi akan membantu kinerja otak kita dalam berfikir dan memberikan kita tenaga. Simple-nya , bayangin aja deh kalau kita disuruh mikir tapi perut kita dalam keadaan laper. Kira-kira bisa maksimal nggak mikirnya ? Malah yang ada ngantuk deh.

4. Memperbaiki Kinerja Otak ( buat yang sering lupa )
Menurut penelitian , selama kita tidur semalaman otak kita kekurangan zat gula. Nah , dengan sarapan dapat memberi nutrisi dan glukosa pada otak kita. So , buat yang suka lupa , harus dan wajib hukumnya buat sarapan. Biar otak kita ada nutrisinya jadi nggak gampang lupa.

5. Menurunkan Resiko Berbagai Penyakit
Sarapan dengan makanan bergizi dan berserat tinggi dapat menurunkan resiko berbagai penyakit diantaranya adalah polip usus dan kanker kolon. Dan satu lagi nih , penyakit yang paling sering terjadi kalau kita melewatkan sarapan yaitu , kelaparan ! ( haaa ... nggak lucu , vin ! )

6. Mencegah Stress
Hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi mudah depressi dan stress. Ini bisa terjadi karena asupan vitamin A , B , C , D , E , dan K yang masuk ke tubuh kita kurang yang membuat kita tidak ada gairah untuk berfikir dan cekatan.


Nah , itu dia manfaat dari sarapan pagi. Ternyata dampak buruk bisa menyerang tubuh kita kalau kita melewatkan sarapan pagi. Walaupun sepele tapi ternyata ... membawa dampak yang cukup besar. So guys , mulailah hidup sehat di pagi yang cerah dengan sarapan pagi. Jangan lupa lengkapi juga ya dengan susu. Mari Sarapan !! ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar